Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Persuasi Melalui Teknik Tiru Model Pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo

Authors

  • Fatmawati Institut Agama Islam As'adiyah Sengkang, Indonesia

Keywords:

teknik meniru model, menulis karangan persuasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis karangan persuasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif yang didesain melalui penelitian tindakan kelas (class action research). Data penelitian berupa data proses dan data hasil. Sumber data proses diperoleh yaitu guru dan siswa saat pembelajaran menulis karangan persuasi. Sumber data hasil diperoleh dari hasil menulis karangan persuasi siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data, yaitu observasi, dokumentasi, kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik tiru model dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan persuasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo yang berjumlah 30 orang. Hal ini dapat dilihat dari hasil sikus 1 dan II. Pada siklus I dikategorikan dengan pencapaian ketuntasan belajar hanya 63 % atau sebanyak 19 orang dari 30 orang. Selanjutnya, pada siklus II mengalami peningkatan, yaitu berada pada kategori 80 % atau sebanyak 24 orang tuntas.

Published

2021-02-01

How to Cite

Fatmawati. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Persuasi Melalui Teknik Tiru Model Pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo. Jurnal Ilmiah AL-TIBYAN, 7(1), 16–23. Retrieved from http://jurnal.iaiasadiyahsengkang.ac.id/index.php/AL-TIBYAN/article/view/19